Category Archive: Cerita bermakna

Cerita penuh arti dan makna

Apr 04

Khalifah Umar Bin Khattab dan Ibu Pemasak Batu

Siapa tidak kenal Umar Bin Khattab. Pada masa jahiliyah di kenal dengan Singa Gurun Pasir ditakuti seantero Mekah. Disaat perjuangan membutuhkan sosok pelindung maka Rasul berdo’a agar di berikan 1 dari 2 Umar dan ALLAH mengabulkan dengan Islamnya Umar Bin Khattab yang akhirnya benar2 menjadi pelindung Islam. Kisah ini adalah waktu masa khalifah Umar berlangsung. …

Continue reading »






Apr 01

Renungan Cobaan Nikmat

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.(QS. Al Anbiyaa’ : 21) Sahabat sekalian pagi ini mari kita merenung dari sebuah ayat diatas. Terkadang kita merasa betapa berat cobaan jika cobaan itu adalah keburukan bagi kita. Tapi sebenarnya cobaan …

Continue reading »






Mar 30

Kisah Cinta Sejati Salman Al Farisi

Kisah ini link kutip dari buku Jalan Cinta Para Pejuang karya Salim A. Fillah. Luar biasa menyentuh hati,…Lebih indah dari Romeo and Juliet tentang cinta yang tak harus memiliki dan sejatinya kita tidak memiliki apa-apa di kehidupan ini…semua milik Alloh. MAri belajar kepada Salman tentang arti cinta dan persaudaraan, tentang kesadaran yang sering terlupakan, tentang …

Continue reading »






Mar 22

Tak semuanya bisa diketahui di awal , sepenggal kisah Khidir AS dan Musa AS

Sahabat semua mungkin ini sering dibaca dan di dengar kisah nabi musa dan nabi khidir, tapi tak apalah coba mengulasnya sedikit kembali. Berawal dari Nabi Musa as berbicara di tengah-tengah Bani Israil. Ia mengajak mereka untuk menyembah Allah SWT dan menceritakan kepada mereka tentang kebenaran. Pembicaraan Nabi Musa sangat komprehensif dan tepat. Setelah beliau menyampaikan …

Continue reading »






Nov 05

Teringat 2006, indahnya ukhuwah

Gempa 2006 mengingatkan ku pada kisah pilu, sedih dan haru. Waktu itu UNY sedang ujian semester, malam hari masih ngerjain tugas kuliah di BEM ReMa UNy bersama kang jatmiko, kang dian dan cs, telp free talk mentari ma sahabat di batam. Habis subuh baru tidur 1 jam gempa terjadi, semua tumpah ruah kehalaman rektorat lama …

Continue reading »






Oct 15

Bayi tak kenal menyerah

Di ruang keluarga waktu habis isya’ A berkata : adik, kok kgak belajar kenapa? B berkata : sebenarnya ada PR tapi malas kerjain, besuk pinjam pya tman aja kan beres .. A berkata : wah kok gitu, mau tak jewer nih !!! B berkata : ehm, jangan (sambil menutup telingannya) A berkata : kamu punya …

Continue reading »






Oct 08

Syawal oh syawal

Sore hari, sambil duduk-duduk di teras rumah … A berkata : dik, dah mandi belum??? B berkata : udah kak, emang kenapa tumben tanya gitu (sambil manyun) A berkata : kamu inget gak syawal tinggal berapa hari ??? B berkata : apa hubungan mandi dan syawal sih kak, kgak nyambung jaka sembung (sambil tertawa terbahak-bahak) …

Continue reading »






Sep 28

Angin puting beliung

Masih teringat tentunya kita dengan angin yang menerpa kita 2 hari lalu.. Maha Besar Allah dengan kuasaNYA angin sebesar itu bisa menerjang menurut info yang ada mulai dari Karanganyar , Solo, Klaten, JOgja hingga wates (kulonprogo)… Pohon besar pun terangkat begitu pula tiang listrik dan baliho, begitu kecil daya manusia… Ini adalah teguran keras untuk …

Continue reading »






Sep 25

Jangan takut untuk berusaha

Sore hari waktu jam belajar A berkata : dik kgak belajar, besuk kan ulangan? B berkata : males kak, besuk matematika… paling juga jeblok lagi nilainya … A berkata : kok pesimis gitu ??? B berkata : ya gmn kan matematika selalu dapet jelek, mungkin dah takdir jelek kali 😛 A berkata : kamu belum …

Continue reading »






Sep 23

Jangan remehkan siapapun

Sore hari dikala waktu istirahat, diruang keluarga.. B berkata : kak, tadi aq sebel banget ma orang …. A berkata : emang kenapa kamu bisa sebel ma dia??? B berkata : dia itu dah orangnya jelek, nakal pula… tadi bolpoin adik, diambilnya A berkata : lha emang gak minta izin, kamu kan ada bolpoin gak …

Continue reading »






Older posts «